Muhtiani is proudly powered by Blogger.
Designed by Didats Triadi

DateTuesday, December 24, 2013   Comment



Apa Arti Bahagia?

Anda mungkin pernah merasakan sedih, kecewa, kesal, atau marah dalam hidup ini. Hal yang sangat lumrah apabila  kita merasakan semua itu. Yang menjadi masalah adalah jika hal-hal tersebut sulit kita kendalikan. Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik.

Merasa sedih yang berkelanjutan, menyalahkan diri sendiri terus-menerus,  merasa bersalah tiada henti. Ini adalah salah satu ciri kita sedang mengalami depresi. Untuk mengatasi semua itu salah satu solusinya adalah berbagi. Kita dapat berbagi cerita, masalah atau persoalan yang kita hadapi pada orang-orang terdekat, keluarga, atau sahabat. Dengan berbagi cerita,anda dapat bertukar pikiran, mendapatkan tips atau solusi dari semua permasalahan yang dihadapi. Selain itu, akan terdapat rasa syukur bahwa ternyata anda tidak sendiri, masih ada teman untuk berbagi cerita, masih ada orang yang memperhatikan anda. Mungkin anda akan mendapatkan cerita atau pengalaman yang lebih berharga. Ternyata persoalan orang lain itu lebih besar  dari persoalan anda. Dunia tak selebar daun kelor. Kita wajib mengambil hikmah dari setiap masalah. Dan bersyukur bahwa Tuhan telah memberikan banyak kenikmatan yang tak terhingga. Permasalahan anda adalah cobaan kecil dari Tuhan yang pasti akan ada jalan keluarnya. Intinya adalah bagaimana cara kita menyikapi suatu persoalan. Ingatkah ketika anda kecil, sewaktu masih di sekolah dulu,  bukankah setiap kita akan naik kelas selalu ada ujian? Nah untuk mendapatkan kelas yang lebih tinggi kita pasti harus melalui ujian, dan mau tidak mau hal itu harus dilewati. Ketika kita mampu melewati ujian itu barulah kita dapat naik kelas.

Ingatkah anda sewaktu kecil selalu senang saat hujan turun? Anda berlari dengan senangnya berputar menikmati setiap tetes hujan. Tertawa bercengkrama bersama teman-teman. Tapi kini? Melihat hujan saja kadang kita mengeluh, yah hujan...pasti macet, banjir dll. Kadang kita lupa bersyukur. Hujan adalah anugrah Yang Maha Kuasa, tanpa air kita tak dapat hidup, tanaman tidak dapat tumbuh, tanah yang tandus tak dapat menjadi media untuk tumbuh bagi tanaman. Banyak petani kita yang menanti turun hujan, menanti musim tanam tiba. Jika hujan turun ucapkan Alhamdulillah, bersyukurlah, semoga hujan ini menjadi berkah. Dan rasa bahagia akan muncul, jangan terlalu takut apabila turun hujan. Tersenyumlah. Hujan juga akan menghapus airmata kita. Kita wajib mensyukuri apa yang telah ada termasuk hujan. Ingat ketika kemarau tiba, kita kadang merindukan hujan.

Marah adalah luapan emosi manusia atas kekecewaan, kehilangan sesuatu yang diharapkan atau mendapatkan sesuatu yang tidak kita inginkan. Dalam hidup kadang kita mempunyai banyak rencana, keinginan atau harapan. Namun, tidak setiap yang kita inginkan dapat segera terwujud. Kegagalan dalam suatu rencana mungkin kerap menghampiri, karena manusia hanyalah seorang perencana dan  tugasnya adalah berusaha dan berdoa. Urusan tercapai atau tidak kita harus mengembalikan sepenuhnya pada Sang Maha Pencipta. Motivasi wajib dimiliki oleh setiap insan, tapi janganlah motivasi tersebut dijadikan obsesi yang berlebihan sehingga kita terlalu optimis dalam menjalankan sesuatu, mengesampingkan semua resiko dan selalu berpikiran Anda akan selalu berhasil, sehingga saat mengalami kegagalan anda akan merasakan kekecewaan yang sangat dalam dan panjang. Nikmatilah proses yang kita jalani. Jalan yang berliku, dengan ketekunan, keyakinan dan doa suatu saat akan membuahkan hasil yang baik.  Lihatlah kain yang disulam,  dibaliknya terdapat benang-benang rumit yang tak karuan, sama sekali tidak indah, namun lihatlah hasil sulaman itu tentu sangat indah. Belum tentu yang Anda pikir baik adalah yang terbaik bagi Anda, dan belum tentu yang anda pikir buruk adalah hal yang tidak baik. Tuhan mungkin mempunyai maksud dan tujuan lain yang lebih baik dari yang kita pikirkan. Seperti sulaman di atas kain tadi. Dan semua akan indah pada waktunya.

Bahagia akan kita dapat bila kita dapat bersyukur, menerima sesuatu dengan ikhlas sambil terus berusaha dan berdoa. Bahagia akan  didapat bila Anda  tidak senantiasa membandingkan diri anda dengan orang lain yang lebih. Bahagia akan lebih berlipat ganda apabila kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Bahagia akan ada bila kita tidak mendendam dan selalu mengingat kesalahan orang lain. Bahagia akan ada bila kita dekat dengan orang-orang tersayang.

*NUNZ*

Comment

Guest Book


Free shoutbox @ ShoutMix

Visitors

Supported by

Powered by Blogger